Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

minyak kelapa
minyak kelapa

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Minyak Kelapa – Halo semua, kalian sudah pernah atau bahkan sering mengkonsumsi kelapa? Mungkin minum air kelapanya atau makan daging buahnya? Mau apapun itu yang jelas hampir semuanya sudah pernah ya. Tapi sudah tau manfaat-manfaat dari kelapa belum? Nah pada artikel kali ini kita gak bahas gimana caranya bikin minyak kelapa seperti biasanya, tapi kita akan membahas manfaat-manfaat apa aja yang bisa kita rasakan dari kelapa ini. Seperti yang sudah kita ketahui, kelapa itu memang pohon serba guna bagi manusia, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis pada umumnya. Faktanya, hampir semua bagian dari kelapa ini bisa kita manfaatkan loh. Sekilas info ya, kelapa atau nama latinnya ‘Cocos nucifera’  itu adalah tanaman yang sangat lazim ditemukan di daerah tropis. Kelapa ini sangat populer di masyarakat karena punya banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Beragam manfaat tersebut bisa kita peroleh mulai dari daging buah, air, sabut, dan tempurung.

Dari segi peralatan untuk pengolahannya pun sekarang sudah banyak tersedia di pasaran, seperti mesin parut kelapa, mesin press santan kelapa, dan lain sebagainya.

Kalau kalian sudah baca penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan kalau ternyata hampir semua bagian kelapa itu bisa kita manfaatkan dan menguntungkan bagi kita. Oke, kalau gitu kita langsung ke poin utamanya aja ya. Pada kali ini kita akan bahas mengenai minyak kelapa. Minyak kelapa ini punya banyak manfaat loh, terutama pada kesehatan, termasuk menjaga kesehatan kulit, kesehatan wajah, meningkatkan kemampuan pencernaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sejumlah infeksi dan penyakit.

Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

  1. Perawatan Kulit

Kalau kita sudah pernah massage di spa, pasti kita sudah tau, minyak kelapa ini bisa dijadikan sebagai ‘massage oil’ atau minyak pijat yang sangat baik untuk tubuh kita karena bertindak sebagai pelembab yang efektif pada semua jenis kulit, termasuk kulit yang kering sekalipun. Gak seperti minyak mineral pada umumnya, minyak kelapa ini gak punya efek samping yang merugikan pada kulit kalau kita gunakan. Makanya, minyak kelapa ini bisa menjadi solusi aman untuk mencegah kekeringan dan pengelupasan kulit, khususnya sel-sel kulit mati. Gak cuma itu, minyak kelapa ini juga bisa mencegah munculnya keriput dan kendur pada kulit yang biasanya menyertai penuaan, bikin kita jadi kelihatan jadi tua, meskipun emang aslinya udah tua. Hehe.

  1. Perawatan Rambut

Minyak kelapa ini juga bisa membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat dan membuat rambut kita terlihat mengkilap. Ini juga sangat efektif dalam mengurangi kehilangan protein pada rambut, yang bikin rambut jadi kelihatan kusam, kering, dan mudah rontok. Minyak kelapa ini juga bisa digunakan sebagai minyak perawatan rambut, dan digunakan dalam pembuatan berbagai kondisioner, serta krim ketombe. Biasanya sih ini sudah diterapkan pada hampir semua jenis perawatan rambut.

Di Indonesia sendiri, penggunaan minyak kelapa sebagai perawatan rambut sudah banyak dan sering digunakan, khususnya di tempat-tempat perawatan/kesehatan. Karena ini merupakan salah satu kondisioner alami yang sangat baik dan membantu proses pertumbuhan dan perawatan rambut yang rusak. Minyak kelapa ini juga menyediakan protein penting yang kita perlukan untuk rambut. Berbagai studi dan penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh Over Moisturizing.

  1. Kesehatan Jantung

Di kalangan masyarakat pasti kita sering banget dengar dari orang-orang kalau kebanyakan mengkonsumsi minyak itu gak baik buat jantung lah, bisa bikin kolesterol lah, pokoknya macem-macem deh. Padahal sebetulnya itu ada kesalahpahaman yang tersebar di kalangan masyarakat. Justru pada kenyataanya, minyak kelapa itu bermanfaat bagi jantung kita. Karena minyak kelapa ini mengandung sekitar 50% asam laurat, yang membantu aktif dalam mencegah berbagai masalah jantung, seperti kadar kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi. Minyak kelapa juga tidak menyebabkan peningkatan kadar LDL, dan mengurangi insiden cedera, maupun kerusakan arteri, karena itu membantu dalam mencegah aterosklerosis. Penelitian menunjukkan bahwa asupan minyak kelapa itu justru bisa membantu untuk mempertahankan profil lipid yang sehat pada wanita pra-menopause.

  1. Berat Badan

Diantara kalian ada yang lagi diet gara-gara kelebihan berat badan? Kalian beruntung, karena minyak kelapa ini sangat berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Karena minyak kelapa ini mengandung asam lemak yang membantu dalam pembakaran berat badan yang berlebihan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa juga bermanfaat untuk membantu mengurangi obesitas perut pada wanita. Kok bisa? Karena minyak kelapa ini mudah untuk dicerna dan membantu dalam fungsi sehat dari sistem tiroid dan endokrin. Selain itu, bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dengan menghilangkan kadar stress pada pankreas, sehingga bisa membakar lebih banyak energi dan membantu orang yang memiliki masalah obesitas. Makanya, sebagian besar orang yang tinggal di wilayah pesisir tropis biasa pakai minyak kelapa setiap hari sebagai minyak goreng utama mereka, biasanya gak punya masalah kegemukan, obesitas, atau kelebihan berat badan.

  1. Imunitas/Kekebalan Tubuh

Minyak kelapa ini juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kita loh, karena mengandung asam laurat, lipid antimikroba, asam kaprat, dan asam kaprilat yang memiliki antijamur, antibakteri, dan antivirus. Masih bingung kok bisa? Jadi gini, tubuh manusia itu bisa mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang sama para peneliti dipercaya bisa jadi pendukung sebagai cara yang ekfektif untuk menangani berbagai macam virus dan bakteri. Selain itu, minyak kelapa ini juga bisa membantu dalam melawan bakteri yang berbahaya seperti listeria monocytogenes dan helicobacter pylori, dan protozoa berbahaya seperti giardia lamblia.

  1. Sistem Pencernaan

Fungsi internal dari minyak kelapa ini sebetulnya terjadi terutama karena digunakan sebagai minyak goreng yang kita konsumsi. Ini bisa membantu untuk meningkatkan sistem pencernaan kita, jadi bisa mencegah berbagai masalah pencernaan, termasuk sindrom iritasi usus besar. Lemak jenuh yang ada pada minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang membantu dalam melawan berbagai bakteri, jamur, dan parasit yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Gak cuma itu aja, minyak kelapa ini juga membantu dalam penyerapan nutrisi lain seperti vitamin, mineral, dan asam amino.

Manfaat minyak kelapa diyakini memang cukup besar untuk kesehatan, tapi ya ada juga berbagai efek yang harus kita perhatikan kalau mau mengkonsumsi minyak kelapa secara berlebihan. Kita diharapkan dapat dengan bijak memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih.

The post Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan appeared first on 4plays.